Sakit Mata (Konjungtivitis)

Sakit Mata (Konjungtivitis)Mata yang merah dan terasa perih kondisi yang bisa terjadi oles siapa pun, hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor dari iritasi mata atau pun masalah kesehatan mata yang terganggu. Sakit mata sering orang menganggapnya apabila mata merah jangka panjang dan terasa sakit atau perih. Kondisi mata yang memerah dan terasa sakit juga dikenal dengan istilah medis Konjungtivitis. Hal ini bisa terjadi karena disebabkan peradangan yang terjadi pada selaput mata, sehingga mata bisa berwarna merah. Sakit mata bisa hanya pada satu bagian mata saja, atau kedua mata. sakit mata juga salah satu hal yang menular, karena itu apabila ada orang terdekat yang mengalami sakit mata, maka ada kemungkinan untuk tertular juga. jadi apabila ada yang sakit mata ada baiknya jika jarak terlebih dahulu agar tidak tertular dan juga mengalami sakit mata yang sama. Sakit mata memang tidak terlalu mengganggu penglihatan, tetapi sakit mata menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata.

Penyebab Sakit Mata (Konjungtivitis)

Terjadinya sakit mata (Konjungtivitis) pada awalnya dikarenakan adanya peradangan dibagian selaput mata depan. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan peradangan pada selaput mata sehingga mengakibatkan rasa perih dan tidak nyaman pada mata. dibawah ini beberapa hal yang bisa menjadi penyebab sakit mata (Konjungtivitis) :

matasakitttt

  • Alergi tidak hanya bisa terjadi pada kulit saja, tetapi juga bisa pada bagian mata. alergi bisa terjadi karena banyak faktor, seperti zat kimia yang digunakan pada sekitar mata, atau tidak sedikit juga dikarenakan oleh obat tetes mata. jadi ada beberapa orang yang memiliki alergi terhadap zat kimia tertentu, termasuk yang terkandung pada obat tetes mata. jadi apabila obat tersebut digunakan maka peradangan selaput mata bagian depan akan terjadi dan mengakibatkan sakit mata (Konjungtivitis).
  • Sakit mata (Konjungtivitis) bisa terjadi karena disebabkan oleh lensa kontak yang digunakan, baik yang lunak dan keras. Kondisi ini bisa menyebabkan sakit mata di saat setelah menggunakannya. Ada pun pengaruh dari jahitan pada mata, jadi apabila melakukan operasi mata maka bisa mengalami sakit mata juga.
  • Ada pun penyebab sakit mata selanjutnya yang disebabkan oleh iritasi pada mata. iritasi pada mata bisa mengakibatkan masalah kesehatan mata. dan iritasi bisa terjadi karena disebabkan oleh zat atau apa benda yang mengenai mata, seperti terkena shampo pada saat mandi, bulu mata yang lepas, air yang mengandung klorin yang biasanya terdapat di kolam renang, atau bisa juga dikarenakan oleh asap rokok.
  • Sakit mata (Konjungtivitis) yang parah juga bisa dikarenakan oleh infeksi pada mata. infeksi bisa berasal dari virus yang masuk ke dalam mata. infeksi mata juga bisa berasal dari virus yang bisa menyebabkan penyakit kelamin seperti gonore. Atau infeksi mata pun bisa disebabkan oleh bakteri yang bisa menyebabkan infeksi pada telinga dan juga pada lambung.

Faktor Pemicu Sakit Mata (Konjungtivitis)

Penyebab sakit mata (Konjungtivitis) yang telah disebutkan diatasi bisa saja dialami oleh siapa pun. dan selain itu pun ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko terjadinya sakit mata (Konjungtivitis). Untuk itu dibawah ini beberapa hal yang meningkatkan risiko sakit mata :

  • Sakit mata (Konjungtivitis) bisa tertular, dan potensi untuk menderita sakit mata bukan hanya di rumah sebab orang terdekat mengalaminya, bisa juga tertular terjadi pada tempat umum yang ramai seperti di alat transportasi umum, yang dimana salah satu orang tersebut menderita sakit mata jadi bisa tertular.
  • Sakit mata bisa tertular juga karena dipengaruhi oleh kondisi kekebalan tubuh yang di miliki. Semakin lemah kekebalan tubuh maka lebih rentan untuk tertular. Jadi risiko terjadinya sakit mata (Konjungtivitis) lebih besar pada orang orang yang memiliki kekebalan tubuh rendah seperti penderita penyakit diabetes.
  • Anak anak pun lebih rentan untuk terinfeksi dan tertular oleh sakit mata (Konjungtivitis).
  • Jika menderita sakit atau adanya infeksi pada saluran pernapasan pun bisa berisiko untuk mengalami sakit mata (Konjungtivitis) juga.

Pengobatan Sakit Mata (Konjungtivitis)

Pengobatan bisa dilakukan di rumah apabila masih dalam tahap ringan. untuk pengobatan sakit mata (Konjungtivitis) yang disebabkan oleh alergi bisa dengan cara :

  • Kompres mata dengan kain yang di basahi air dingin.
  • Hindari terpapar alergen.
  • Jangan memakai lensa kontak hingga gejala konjungtivitis hilang.
  • Agar gejala tidak memburuk, jangan menggosok mata walau terasa gatal.

Selain dengan cara diatas, ada lagi cara lain untuk mengobati sakit mata (Konjungtivitis), seperti dibawah ini :

  • Gunakan obat tetes mata yang berguna sebagai pelumas untuk meredakan rasa sakit dan lengket pada mata. Obat ini bisa dibeli secara bebas di apotek.
  • Cucilah tangan secara rutin setelah menyentuh mata yang terinfeksi agar tidak menular.
  • Jangan menggunakan lensa kontak sebelum gejala infeksi hilang atau setidaknya satu hari setelah menyelesaikan perawatan. Ganti lensa kontak yang telah dipakai saat terinfeksi karena kemungkinan bisa menjadi sumber infeksi.
  • Gunakan kain kapas yang di basahi untuk membersihkan kelopak dan bulu mata dengan lembut agar tidak lengket.

Sakit Mata (Konjungtivitis)


=====================================

>>> Obat Tetes THM Untuk Membersihkan Mata, Menyehatkan Mata, Sakit Mata Dan Mata Bengkak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Mata and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.